MAKLUMAT PELAYANAN ::
DENGAN INI, KAMI BERJANJI AKAN MEMBERIKAN PELAYANAN SESUAI DENGAN STANDAR PELAYANAN PERADILAN YANG TELAH DITETAPKAN, DAN APABILA TIDAK MENEPATI JANJI INI, KAMI SIAP MENERIMA SANKSI SESUAI DENGAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG BERLAKU

img_head
BERITA

UPACARA PERINGATAN HUT MAHKAMAH AGUNG RI KE 72

Agu24

Konten : berita kegiatan
Telah dibaca : 47 Kali

Sabtu, tanggal 19 Agustus 2017 bertempat di halaman kantor Pengadilan Negeri Bireuen dilaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati HUT Mahkamah Agung RI ke – 72. Bertindak sebagai pembina upacara pada acara tersebut  adalah Ketua Pengadilan Negeri Bireuen Fauzi, S.H., M.H., sedangkan yang bertindak sebagai komandan upacara yaitu Panitera Muda Pidana Ikhwani, S.H. Upacara bendera tersebut diikuti oleh para Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional, Staf dan Tenaga Honorer Pengadilan Negeri Bireuen. Dalam Amanatnya, Bapak Fauzi, S.H., M.H., selaku pembina upacara membacakan amanat Ketua Mahkamah Agung RI pada HUT Mahkamah Agung RI ke - 72 dengan mengusung tema "Dengan Badan dan Jiwa yang Sehat, Kita Wujudkan Badan Peradilan Indonesia yang Agung".

Amanat Ketua Mahkamah Agung RI pada HUT Mahkamah Agung RI ke – 72 diantaranya menekankan bahwa peringatan HUT Mahkamah Agung RI ke – 72 dilaksanakan dengan nuansa berbeda yaitu menghadirkan suasana olahraga dengan tanpa menghilangkan kekhidmatan upacara. Disadari bahwa dengan menjalankan aktifitas olahraga, tubuh menjadi sehat dan di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat “Mens Sana in Corpore Sano”. Sebagai aparatur peradilan, diharapkan harus tetap prima dan tangguh kesehatannya dalam menghadapi berbagai tantangan dan problematika yang akhir-akhir ini banyak menjadi sorotan publik.

Selain itu, ditekankan juga bahwa momentum peringatan HUT Mahkamah Agung RI ke – 72 ini tidaklah terpaut jauh dengan peringatan hari ulang tahun ke – 72 Kemerdekaan Republik Indonesia yang tahun ini mengambil tema “Kerja Bersama”. Tema yang diangkat tersebut selaras dengan pesan yang ingin disampaikan dalam peringatan HUT Mahkamah Agung RI tahun ini yaitu menumbuhkan semangat kebersamaan dalam bekerja demi mewujudkan visi dan misi Mahakamah Agung RI.

Bahwa aparatur ideal adalah aparatur yang bisa memaksimalkan kerja raga dan kerja fikirnya. Untuk mendukung hal tersebut, aktifitas fisik seperti olahraga merupakan salah satu faktor yang membantu menjaga kebugaran tubuh dalam mendukung pelaksanaan tugas rutin yang merupakan tanggung jawab kita. Aktifitas fisik seperti olahragapun sarat akan nilai-nilai yang seharusnya ditumbuhkan di tempat kerja yaitu nilai kedisiplinan, kejujuran, sportifitas dan kerjasama. Aktifitas olahraga secara bersama juga diyakini sebagai alat untuk mempererat silaturahim dan interaksi sosial yang pada akhirnya akan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan nyaman untuk berkarya dengan maksimal. Dalam konteks demikian, Mahkamah Agung RI memandang penting keseimbangan antara tugas rutin dan kebugaran aparatur dalam melaksanakan amanat yang diembannya. Oleh karenanya, peringatan HUT Mahkamah Agung RI ke – 72 ini selain diisi dengan upacara bendera, juga diisi dengan berbagai kegiatan olahraga yang diharapkan dapat menunjang pelaksanaan tugas rutin aparatur lembaga peradilan.

Bahwa ekspektasi publik terhadap aparatur peradilan yang berintegritas dan kredibel sangatlah tinggi. Mahkamah Agung RI telah membangun dan mengefektifkan sistem pembinaan dan pengawasan yang diharapkan dapat menjaga seluruh komponen aparatur peradilan dari tindakan tercela.

Namun sistem yang ada tersebut hanyalah alat kontrol yang bersifat eksternal. Bentuk pengawasan dan pembinaan yang terbaik berasal dari diri sendiri dengan terus menerus menjaga kesehatan dan kebersihan jiwa karena dengan jiwa yang bersih akan lahir keyakinan bahwa semua yang kita lakukan pada akhirnya akan dipertanggungjawabkan.

Setelah upacara bendera selesai, kegiatan dilanjutkan dengan acara pemotongan tumpeng sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas HUT Mahkamah Agung RI yang ke - 72. Pemotongan tumpeng dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Bireuen Bapak Fauzi, S.H., M.H.