MAKLUMAT PELAYANAN ::
DENGAN INI, KAMI BERJANJI AKAN MEMBERIKAN PELAYANAN SESUAI DENGAN STANDAR PELAYANAN PERADILAN YANG TELAH DITETAPKAN, DAN APABILA TIDAK MENEPATI JANJI INI, KAMI SIAP MENERIMA SANKSI SESUAI DENGAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG BERLAKU

img_head
BERITA

ASSESMENT SURVEILLANCE OLEH TIM ASSESOR APM PENGADILAN TINGGI BANDA ACEH PADA PENGADILAN NEGERI BIREUEN

Mei02

Konten : berita humas
Telah dibaca : 138 Kali

Rabu, tanggal 02 Mei 2018 telah dilaksanakan agenda Assesment Surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu oleh Tim Assessor Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Tinggi Banda Aceh. Agenda ini adalah agenda yang sudah terjadwal setiap 6 bulan selama 3 tahun ke depan sehubungan dengan telah diraihnya predikat Akreditasi Penjaminan Mutu "B” pada Pengadilan Negeri Bireuen yang diterima pada bulan November 2017 bertempat di Makassar – Sulawesi Selatan.

Tim Assessor Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Tinggi Banda Aceh kembali datang melakukan Assesment ke Pengadilan Negeri Bireuen terdiri dari :

1. Ketua Tim Assesor : Ibu Petriyanti, S.H., M.H. (Hakim Tinggi)
2. Anggota : 1.  Sigid Purwoko, S.H., M.H. (Hakim Tinggi)
  : 2.  Maratua Rambe, S.H., M.H. (Hakim Tinggi)
  : 3.  Anwar, S.H. (Panitera Pengganti)
  : 4.  Munawar, S.T. (Kepala Sub. Bagian Tata Usaha & Rumah Tangga);

Agenda diawali dengan Opening Meeting sekira pukul 10.00 WIB yang dibuka langsung oleh Ketua Pengadilan Negeri Bireuen, dalam Opening Meeting tersebut dilakukan penandatanganan nota kesepahaman pelaksanaan Surveillance antara Ketua Pengadilan Negeri Bireuen Bapak Fauzi, S.H., M.H., dan Lead Assessor Ibu Petriyanti, S.H., M.H.

Usai Opening Meeting, Tim Assessor selanjutnya melakukan Assesment kepada Pimpinan Pengadilan Negeri Bireuen selaku Top Management dan Quality Management Representative (QMR) dalam Tim Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Negeri Bireuen. Assesment berupa wawancara dan melihat kelengkapan dokumen serta data dukung lainnya yang ada pada Document Control Akreditasi Penjaminan Mutu dan dokumen Evidence Reformasi Birokrasi (RB) Pengadilan Negeri Bireuen. Bersamaan dengan assesment kepada Pimpinan, Assesor juga melakukan assesment kepada seluruh Hakim selaku Auditor Internal dan juga Hakim Pengawas Bidang.

Setelah wawancara kepada 4 (empat) pilar dan para Hakim, Tim Assessor melakukan tinjauan langsung ke seluruh ruang unit kerja. Tak lupa juga Tim assessor mengecek langsung jalannya Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan E-SKUM Pengadilan Negeri Bireuen yang telah dilakukan Launching Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan e-SKUM oleh Pengadilan Tinggi Banda Aceh dan Pengadilan Negeri Se-Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Banda Aceh oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI yang diwakili oleh Direktur Pembinaan Tenaga Teknis Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung RI Bapak. Dr. H. Haswandi, S.H., S.E., M.Hum. Usai meninjau ke semua unit, Tim Assesor melakukan rapat hingga dini hari untuk merumuskan laporan hasil surveillance.

Selanjutnya, tepat pada pukul 16.30 WIB dilanjutkan dengan agenda Closing Meeting, dalam agenda tersebut dipaparkan hasil assesment sekaligus hasil dari pengawasan oleh Tim Assesor Pengadilan Tinggi Banda Aceh. Secara keseluruhan, Tim assessor memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pengadilan Negeri Bireuen karena dalam surveillance kali ini telah memperlihatkan banyak sekali inovasi dan kemajuan dibandingkan dengan kondisi saat surveillance November 2017 lalu. Keberadaan PTSP, E-SKUM dan Dokumen RB juga merupakan hal baru yang semakin membuktikan kemajuan yang dilakukan oleh Pengadilan Negeri Bireuen.

Closing Meeting ditutup dengan penandatanganan Lembar Ketidaksesuaian Assesment (LKA) hasil surveillance oleh Ketua Pengadilan Negeri Bireuen Bapak Fauzi, S.H., M.H. dan Lead Assessor Ibu Petriyanti, S.H., M.H., serta penyerahan Lembar Ketidaksesuaian Assesment (LKA) tersebut kepada Ketua Pengadilan Negeri Bireuen untuk dilakukan perbaikan dalam waktu yang telah ditetapkan.