MAKLUMAT PELAYANAN ::
DENGAN INI, KAMI BERJANJI AKAN MEMBERIKAN PELAYANAN SESUAI DENGAN STANDAR PELAYANAN PERADILAN YANG TELAH DITETAPKAN, DAN APABILA TIDAK MENEPATI JANJI INI, KAMI SIAP MENERIMA SANKSI SESUAI DENGAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG BERLAKU

img_head
BERITA

SOSIALISASI & IMPLEMENTASI E-COURT DENGAN PARA ADVOKAT SERTA BRI CABANG BIREUEN

Nov30

Konten : berita kegiatan
Telah dibaca : 40 Kali

Jum’at, tanggal 30 November 2018 sekira pukul 09.00 Wib bertempat diruang sidang utama Pengadilan Negeri Bireuen dilaksanakan acara Sosialisasi e-Court (Layanan Adminisrtasi Perkara Secara Elektronik). Dalam sosialisasi tersebut kesempatan kali ini diperuntukkan bagi para Advokat / Pengacara dengan dihadiri oleh  perwakilan dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Bireuen sebagai mitra kerjasama terkait dengan e-Court tersebut.

Sosialisasi e-Court tersebut dibuka oleh Ketua Pengadilan Negeri Bireuen Fauzi, S.H., M.H., dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan dasar dari Implementasi e-Court ini adalah PERMA No.3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik yang mana peraturan ini mengikat pihak internal dan eksternal Aparatur Peradilan itu sendiri maupun masyarakat / pencari keadilan. Sebagai narasumber pada acara tersebut yaitu sdri. Tika Saptiani, A.Md. (Admin e-Court Pengadilan Negeri Bireuen),  Dewi Fitria (Admin e-Court Panitera Muda Perdata) serta didampingi oleh Hadianur (Perwakilan BRI Cabang Bireuen).

Sosialisasi e-Court kepada para advokat sangat penting karena nantinya mereka wajib menggunakan aplikasi tersebut. Ini merupakan aplikasi layanan yang menjadikan pendaftaran perkara gugatan perdata bisa dilakukan secara online termasuk juga dalam memanggil para pihak. Terkait dengan sosialisasi ini juga mempraktekan bagaimana cara registrasi para advokat ke aplikasi e-Court Mahkamah Agung RI.

Melalui aplikasi ini, para pihak termasuk para advokat bisa mengajukan permohonan gugatan ke Pengadilan tanpa harus datang ke Pengadilan karena cukup mengakses laman https://ecourt.mahkamahagung.go.id. Penerapan e-Court ini juga menjadikan tidak ada lagi advokat liar karena profil advokat sudah terdata secara tertib di dalam aplikasi yang kemudian data-datanya diverifikasi oleh Pengadilan dan Mahkamah Agung RI. Bukan hanya itu, aplikasi ini juga memudahkan pengadministrasian perkara perdata secara elektronik serta demi mewujudkan peradilan yang sederhana, cepat, dan biaya ringan alias murah.