MAKLUMAT PELAYANAN ::
DENGAN INI, KAMI BERJANJI AKAN MEMBERIKAN PELAYANAN SESUAI DENGAN STANDAR PELAYANAN PERADILAN YANG TELAH DITETAPKAN, DAN APABILA TIDAK MENEPATI JANJI INI, KAMI SIAP MENERIMA SANKSI SESUAI DENGAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG BERLAKU

img_head
BERITA

PENANDATANGAN MEMORANDUM OF UNDERSTANDING (MoU) POSBAKUM PENGADILAN NEGERI BIREUEN KELAS II T.A. 2019

Jan25

Konten : berita humas
Telah dibaca : 80 Kali

Pengadilan Negeri Bireuen Klas II memberikan akses yang seluas-luasnya kepada masyarakat untuk memperoleh keadilan termasuk akses untuk memperoleh keadilan bagi masyarakat yang tidak mampu dengan mengacu pada ketentuan pemberian layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu pada pengadilan dengan berpedoman pada Peraturan Mahkamah Agung nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

Berdasarkan ketentuan tersebut, setiap pengadilan dibentuk Posbakum Pengadilan dengan memberi layanan berupa Pemberian informasi, konsultasi atau advis hukum, Bantuan pembuatan dokumen hukum yang dibutuhkan, Penyediaan informasi daftar organisasi bantuan hukum sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2011 Tentang Bantuan Hukum atau organisasi bantuan hukum atau advokat lainnya yang dapat memberikan bantuan hukum  cuma-cuma.

Dalam Surat Keputusan Nomor 53/KPN BIR/SK/XII/2018 tentang Pembentukan Panitia Seleksi Calon Lembaga Pemberi Layanan Pos Bantuan Hukum pada Pengadilan Negeri Bireuen Klas II Tahun 2019 tersebut menunjuk Bapak Muslim, S.H., (Panitera) sebagai Ketua, Ibu Hj. Fadhilah (Panitera Muda Hukum) sebagai Sekretaris, Bapak Ikhwani, S.H., (Panitera Muda Pidana) sebagai Anggota untuk menghasilkan lembaga sipil penyedia bantuan hukum yang kredibel dan profesional.

Panitia Evaluasi berdasarkan hasil keputusannya, telah menunjuk untuk melakukan kerjasama kelembagaan dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) “Trio Labels” untuk memberikan layanan Posbakum Pengadilan Negeri Bireuen Klas II Tahun Anggaran 2019.

Penandatangan MoU dan kontrak dari pihak Pengadilan Negeri Bireuen Klas II dihadiri oleh Ibu Ketua Zufida Hanum, S.H., M.H. didampingi Panitera, Sekretaris, dan Panitera Muda Hukum serta para petugas Posbakum yang ditugaskan di Pengadilan Negeri Bireuen Klas II pada hari Jum’at tanggal 25 Januari 2019 bertempat diruang sidang utama Pengadilan Negeri Bireuen Klas II.