MAKLUMAT PELAYANAN ::
DENGAN INI, KAMI BERJANJI AKAN MEMBERIKAN PELAYANAN SESUAI DENGAN STANDAR PELAYANAN PERADILAN YANG TELAH DITETAPKAN, DAN APABILA TIDAK MENEPATI JANJI INI, KAMI SIAP MENERIMA SANKSI SESUAI DENGAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG BERLAKU

img_head
PENGAJUAN PENANGGUHAN/PENGALIHAN PENAHANAN

Pengajuan Penangguhan/Pengalihan Penahanan

Telah dibaca : 309 Kali
  1. Terdakwa/Penasihat Hukumnya dapat mengajukan permohonan penangguhan penahanan secara lisan di depan Majelis Hakim atau secara tertulis dengan surat permohonan ditujukan kepada Majelis Hakim yang menangani perkaranya. Surat permohonan tersebut harus menyebutkan alasan diajukannya penangguhan penahanan.
  2. Terdakwa/Penasihat Hukum/Keluarga/Wali dapat memberikan jaminan penangguhan penahanan berupa jaminan uang dan/atau jaminan orang.
  3. Apabila Majelis Hakim yang menangani perkaranya mengabulkan permohonan penangguhan penahanan tersebut, maka harus segera diterbitkan penetapan penangguhan penahanan.
  4. Dalam hal penangguhan penahanan dengan jaminan uang dan atau jaminan orang, maka penetapan Majelis Hakim harus menyebutkan dengan jelas jumlah uang jaminan dan/atau identitas orang yang bersedia menjadi Penjamin.
  5. Uang jaminan yang telah ditetapkan oleh Majelis Hakim wajib disimpan di Kepaniteraan Pengadilan Negeri Bireuen dan bukti setornya diberikan kepada Terdakwa/Keluarga/Penasihat Hukumnya. Apabila Terdakwa melarikan diri dan setelah lewat waktu 3 (tiga) bulan tidak ditemukan, uang jaminan tersebut menjadi milik negara dan disetor ke Kas Negara.
  6. Orang yang bersedia menjadi Penjamin wajib membuat surat pernyataan kepada Majelis Hakim bahwa ia bersedia bertanggungjawab apabila Terdakwa yang ditahan melarikan diri dengan menyebutkan jumlah uang yang harus ditanggungnya. Jika ternyata Terdakwa melarikan diri, maka setelah lewat waktu 3 (tiga) bulan tidak ditemukan, Penjamin wajib membayar uang yang jumlahnya telah ditetapkan oleh Majelis Hakim dan uang pembayarannya harus disetor ke Kas Negara melalui Panitera Pengadilan Negeri Bireuen. Apabila Penjamin tidak dapat membayar sejumlah uang yang dimaksud, Jurusita Pengadilan Negeri Bireuen menyita barang miliknya untuk dijual lelang dan hasilnya disetor ke Kas Negara melalui Panitera Pengadilan Negeri Bireuen.
  7. Terdakwa/Penasihat Hukum/Penjamin hanya dapat mengambil kembali uang jaminan jika telah terdapat putusan yang berkekuatan hukum tetap.
  8. Ketentuan tentang penangguhan penahanan berlaku pula untuk permohonan pengalihan jenis penahanan.