MAKLUMAT PELAYANAN ::
DENGAN INI, KAMI BERJANJI AKAN MEMBERIKAN PELAYANAN SESUAI DENGAN STANDAR PELAYANAN PERADILAN YANG TELAH DITETAPKAN, DAN APABILA TIDAK MENEPATI JANJI INI, KAMI SIAP MENERIMA SANKSI SESUAI DENGAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG BERLAKU

img_head
SIDANG TINDAK PIDANA RINGAN

Sidang Tindak Pidana Ringan

Telah dibaca : 258 Kali
  1. Pengadilan Negeri Bireuen menyelenggarakan sidang tindak pidana ringan (tindak pidana yang ancaman pidananya paling lama 3 (tiga) bulan penjara/kurungan; atau denda paling banyak Rp7.500,00 (tujuh ribu lima ratus rupiah) yang dilaksanakan satu hari dalam satu minggu pada hari tertentu, yaitu hari Jum’at.
  2. Penyidik yang bertindak selaku kuasa Penuntut Umum melimpahkan berkas perkara tindak pidana ringan dengan menghadapkan Terdakwa beserta saksi-saksi, ahli dan barang bukti ke Pengadilan Negeri Bireuen pada hari sidang yang telah ditentukan.
  3. Semua perkara tindak pidana ringan yang diterima di Kepaniteraan Pengadilan Negeri Bireuen segera disidangkan pada hari itu juga.
  4. Putusan pemidanaan yang dijatuhkan oleh Hakim Tunggal dalam perkara tindak pidana ringan tidak dapat diajukan banding, kecuali terhadap putusan pemidanaan yang bersifat perampasan kemerdekaan (penjara/kurungan).

 

PERMA Nomor 2 Tahun 2012 tentang PENYESUAIAN BATASAN TINDAK PIDANA RINGAN DAN JUMLAH DENDA DALAM KUHP