MAKLUMAT PELAYANAN ::
DENGAN INI, KAMI BERJANJI AKAN MEMBERIKAN PELAYANAN SESUAI DENGAN STANDAR PELAYANAN PERADILAN YANG TELAH DITETAPKAN, DAN APABILA TIDAK MENEPATI JANJI INI, KAMI SIAP MENERIMA SANKSI SESUAI DENGAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG BERLAKU

img_head
BANDING

Banding

Telah dibaca : 238 Kali
  1. Terdakwa/Penasihat Hukumnya dapat mengajukan permohonan banding dalam waktu 7 (tujuh) hari sesudah putusan dijatuhkan, atau setelah putusan diberitahukan kepada Terdakwa yang tidak hadir dalam sidang pembacaan putusan.
  2. Terhadap permohonan banding yang telah memenuhi prosedur dan waktu yang ditetapkan, Panitera harus membuatkan Akta Pernyataan Banding yang ditandatangani oleh Panitera dan Pemohon Banding, serta diberitahukan kepada Termohon Banding.
  3. Dalam hal Terdakwa yang mengajukan banding tersebut berada dalam tahanan, Ketua Pengadilan Negeri Bireuen melalui Panitera Muda Pidana melaporkannya kepada Pengadilan Tingkat Banding (Pengadilan Tinggi Banda Aceh) tentang permohonan tersebut paling lambat 2 hari setalah permohonan banding diterima di Kepaniteraan Muda Pidana.
  4. Sebelum berkas perkara dikirim ke Pengadilan Tinggi, Pemohon dan Termohon Banding diberi kesempatan untuk mempelajari berkas perkara selama 7 (tujuh) hari.
  5. Selama perkara banding belum diputus oleh Pengadilan Tingkat Banding (Pengadilan Tinggi Banda Aceh), permohonan banding dapat dicabut sewaktu-waktu, dan dalam hal sudah dicabut, Pemohon tidak boleh mengajukan permohonan banding lagi, kecuali masih dalam tenggang waktu masa pengajuan banding.
  6. Pengadilan Tingkat Banding akan menjatuhkan putusannya paling lambat dalam jangka waktu 3 (tiga) bulan (Surat Edaran Mahkamah Agung RI Nomor 2 Tahun 2014 tentang Penyelesaian Perkara di Pengadilan Tingkat Pertama dan Tingkat Banding pada 4 (Empat) Lingkungan Peradilan).
  7. Setelah Pengadilan Negeri Bireuen menerima salinan putusan tingkat banding dari Pengadilan Tinggi Banda Aceh, Panitera melalui Jurusita Pengadilan Negeri Bireuen segera memberitahukan amar putusan tingkat banding tersebut kepada Terdakwa dan Penuntut Umum. Untuk itu Panitera Pengadilan Negeri Bireuen membuat Akta Pemberitahuan Putusan dalam waktu paling lama 2 (dua) hari.