MAKLUMAT PELAYANAN ::
DENGAN INI, KAMI BERJANJI AKAN MEMBERIKAN PELAYANAN SESUAI DENGAN STANDAR PELAYANAN PERADILAN YANG TELAH DITETAPKAN, DAN APABILA TIDAK MENEPATI JANJI INI, KAMI SIAP MENERIMA SANKSI SESUAI DENGAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG BERLAKU

img_head
GUGATAN

Gugatan

Telah dibaca : 244 Kali
  1. Masyarakat dapat mengajukan gugatan melalui petugas Meja I pada Kepaniteraan Muda Perdata dengan menyerahkan surat gugatan minimal sebanyak 5 (lima) rangkap disertai softcopy surat gugatan. Untuk gugatan dengan pihak Tergugat lebih dari satu, maka surat gugatan diberikan sesuai jumlah Tergugat.
  2. Penggugat membayar biaya panjar berdasarkan Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM) dari petugas Meja Pertama pada Kepaniteraan Muda Perdata yang berisi informasi mengenai rincian panjar biaya perkara yang harus dibayar. Penggugat melakukan pembayaran panjar melalui bank yang ditunjuk oleh Pengadilan Negeri Bireuen.
  3. Penggugat wajib menyerahkan SKUM dan bukti pembayaran kepada Petugas Meja I pada Kepaniteraan Muda Perdata untuk didaftarkan dan menerima tanda lunas beserta surat gugatan yang sudah dibubuhi cap tanda pendaftaran dari petugas pada hari yang sama atau selambat-lambatnya 2 (dua) hari kerja.
  4. Pengadilan dapat meminta penambahan biaya perkara dalam hal panjar yang telah dibayarkan tidak mencukupi. Penggugat dapat melakukan pembayaran penambahan panjar biaya perkara dilakukan melalui bank yang ditunjuk oleh Pengadilan Negeri Bireuen.
  5. Majelis Hakim yang ditunjuk menangani perkaranya wajib menetapkan hari sidang selambat-lambatnya 3 (tiga) hari kerja sejak perkara diterima.
  6. Majelis Hakim yang ditunjuk wajib menyelenggarakan pemeriksaan perkara (gugatan, jawaban, replik, duplik, pembuktian, kesimpulan, putusan, minutasi) yang diselesaikan dalam jangka waktu selambat-lambatnya 5 (lima) bulan sejak perkara didaftarkan.
  7. Para pihak akan mendapatkan surat pemanggilan sidang hari pertama dari Jurusita Pengadilan Negeri Bireuen selambat-lambatnya 3 (tiga) hari sebelum sidang pertama. Penentuan hari sidang pertama sejak perkara diregister ditentukan berdasarkan jumlah Tergugat dan domisili Tergugat.
  8. Majelis Hakim wajib memberikan kesempatan kepada pihak-pihak yang berperkara menempuh upaya perdamaian melalui mediasi sebelum memeriksa perkara.
  9. Majelis Hakim yang memeriksa dan memutus perkaranya wajib menyediakan salinan putusannya kepada para pihak, paling lama 14 (empat belas hari) setelah putusan dibacakan di muka persidangan.
  10. Bagi para pihak yang tidak hadir pada sidang pembacaan putusan, Kepaniteraan Pengadilan Negeri Bireuen melalui Jurusita wajib memberitahukan amar putusan paling lama 14 (empat belas hari) setelah putusan dibacakan di muka persidangan.