MAKLUMAT PELAYANAN ::
DENGAN INI, KAMI BERJANJI AKAN MEMBERIKAN PELAYANAN SESUAI DENGAN STANDAR PELAYANAN PERADILAN YANG TELAH DITETAPKAN, DAN APABILA TIDAK MENEPATI JANJI INI, KAMI SIAP MENERIMA SANKSI SESUAI DENGAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG BERLAKU

img_head
PERMOHONAN

Permohonan

Telah dibaca : 266 Kali
  1. Masyarakat yang berdomisili dalam wilayah hukum Pengadilan Negeri Bireuen dapat mengajukan permohonan dalam bentuk tertulis kepada Pengadilan Negeri Bireuen.
  2. Petugas Meja I pada Kepaniteraan Muda Perdata wajib memberikan bukti register dan nomor urut setelah Pemohon membayar panjar biaya perkara yang jumlahnya sudah ditentukan dalam Surat Keputusan Ketua Pengadilan Negeri Bireuen dan dibuatkan Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM).
  3. Pemohon yang tidak dapat membaca dan menulis dapat mendatangi Advokat Piket pada Pos Bantuan Hukum (Posbakum) pada Pengadilan Negeri Bireuen yang akan membantu Pemohon untuk menyusun surat permohonannya.
  4. Jurusita pada Pengadilan Negeri Bireuen akan mengirimkan panggilan sidang kepada Pemohon selambat-lambatnya 3 (tiga) hari sebelum sidang pertama.
  5. Hakim yang ditunjuk oleh Ketua Pengadilan Negeri Bireuen untuk menangani perkaranya wajib menyelesaikan proses permohonan selambat-lambatnya 1 (satu) bulan terhitung sejak sidang pertama. Bagi permohonan yang yang sifatnya sederhana (tidak ada pihak Termohon) diselesaikan dalam waktu selambat-lambatnya 2 (dua) minggu sejak sidang pertama (kecuali ditentukan lain dengan undang-undang).
  6. Panitera/Panitera Muda Perdata pada Pengadilan Negeri Bireuen wajib memberikan penjelasan persoalan apa saja yang dapat diajukan permohonan.
  7. Penetapan atas suatu permohonan dapat diajukan kasasi.