MAKLUMAT PELAYANAN ::
DENGAN INI, KAMI BERJANJI AKAN MEMBERIKAN PELAYANAN SESUAI DENGAN STANDAR PELAYANAN PERADILAN YANG TELAH DITETAPKAN, DAN APABILA TIDAK MENEPATI JANJI INI, KAMI SIAP MENERIMA SANKSI SESUAI DENGAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG BERLAKU

img_head
TUGAS POKOK DAN FUNGSI

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

Telah dibaca : 349 Kali

1.   Ketua

        Ketua mengatur pembagian tugas Para Hakim, membagikan berkas perkara dan surat- surat lain yang   berhubungan dengan perkara yang diajukan kepada Majelis Hakim untuk diselesaikan.

  • Mengadakan pengawasan dan pelaksanaan tugas dan tingkah laku Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural dan Fungsional, serta perangkat Administrasi peradilan.
  • Menjaga agar penyelenggaraan peradilan terselenggara dengan wajar dan seksama.

2.    Wakil Ketua

  • Membantu ketua dalam membuat program kerja jangka panjang pelaksanaannya dan pengorganisasiaannya
  • Mewakili Ketua bila berhalangan
  • Melaksanakan Delegasi wewenang dari Ketua
  • Melakukan pengawasan internal untuk mengamati apakah pelaksanaan tugas telah dilaksanakan sesuai dengan rencana kerja dan ketentuan yang berlaku serta melaporkan hasil pengawasan tersebut kepada Ketua

3.    Hakim

  • Membantu pimpinan Pengadilan dalam membuat program kerja jangka panjang dan jangka pendek serta pengorganisasiaannya
  • Melakukan pengawasan pada bagian-bagian sesuai dengan Surat Keputusan Ketua
  • Melakukan pengawasan dan pengamatan (Kimwasmat) terhadap pelaksanaan putusan pidana di Lembaga Permasyarakatan dan melaporkannya kepada Ketua

4.    Panitera

  • Pelaksanaan kordinasi, pembianaan danpengawasan pelaksanaan tugas dalam pemberian dukungan dibidang teknis
  • Pelaksanaan pengelolaan administrasi perkara perdata
  • Pelaksanaan pengelolaan administrasi perkara pidana
  • Pelaksanaan pengelolaan administrasi perkara khusus
  • Pelaksanaan pengelolaan administrasi perkara, penyajiaan data perkara dan transparansi perkara
  • Pelaksanaan keuangan dalam program teknis dan keuangan perkara yang ditetapkan berdasarkan peraturan dan perundang-undangan, minutasi, evaluasi dan adminstrasi kepaniteraan
  • Palaksanaan mediasi.
  • Pembinaan teknis kepaniteraan dan pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh KPN.

Dengan membawahi :

  • Kepaniteraan Muda Perdata
  • Kepaniteraan Muda Pidana
  • Kepaniteraan Muda Hukum
  • Panitera Pengganti
  • Jurusita /Jurusita Pengganti

5.   Sekretaris

  • Penyiapan bahan pelaksanaan urusan perencanaan program anggaran
  • Pelaksanaan urusan kepegawaiaan
  • Pelaksanaan urusan keuangan
  • Penyiapan bahan pelaksanaan penataaan organisasi dan tata laksana
  • Pelaksanaan pengelolaan teknologi informasi dan statistik
  • Pelaksanaan urusan surat meyurat, arsip, perlengkapan, rumah tangga, keamanan,
  • keprotokolan hubungan masyarakat dan perpustakaan
  • Penyiapan bahan pelaksanaan, evaluasi dan dokumentasi serta pelaporan.

Dengan membawahi :

  • Subbagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan
  • Subbagian Kepegawaiaan, Organisasi dan Tata Laksana
  • Subbagian Umum dan Keuangan
  • Fungsional Arsiparis
  • Fungsional Pustakawan
  • Fungsional Pranata Komputer
  • Fungsional Bendahara

6.    Wakil Panitera

  • Membantu Pimpinan Pengadilan dalam membuat program kerja jangka pendek dan jangka panjang, pelaksanaannya serta pengorganisasiannya.
  • Membantu Panitera di dalam membina dan mengawasi pelaksanaan tugas-tugas administrasi perkara.
  • Membantu Hakim dengan mengikuti dan mencatat jalannya sidang Pengadilan.
  • Membantu Panitera untuk secara langsung membina, meneliti dan mengawasi pelaksanaan tugas administrasi perkara.
  • Melaksanakan tugas Panitera apabila Panitera berhalangan.
  • Melaksanakan tugas yang didelegasikan kepadanya.

7.    Panitera Muda Perdata

  • Membantu Hakim dengan mengikuti dan mencatat jalannya sidang pengadilan.
  • Melaksanakan administrasi perkara, mempersiapkan persidangan perkara, menyimpan berkas perkara yang masih berjalan dan urusan lain yang berhubungan dengan masalah perkara Perdata.
  • Memberi nomor register pada setiap perkara yang diterima di Kepaniteraan.
  • Mencatat setiap perkara yang diterima ke dalam buku daftar disertai catatan singkat tentang isinya.
  • Menyerahkan salinan putusan kepada para pihak yang berperkara apabila memintanya.
  • Menyiapkan berkas perkara yang dimohonkan Banding, Kasasi atau Peninjauan Kembali.
  • Menyerahkan arsip berkas perkara kepada Panitera Muda Hukum

8.    Panitera Muda Pidana

  • Membantu Hakim dengan mengikuti dan mencatat jalannya sidang pengadilan.
  • Melaksanakan administrasi perkara, mempersiapkan persidangan perkara, menyimpan berkas perkara yang masih berjalan dan urusan lain yang berhubungan dengan masalah perkara Pidana.
  • Memberi nomor register pada setiap perkara yang diterima di Kepaniteraan.
  • Memberi nomor register pada setiap perkara dengan acara singkat yang telah diputus Hakim atau diundurkan hari persidangannya.
  • Mencatat setiap perkara yang diterima ke dalam buku daftar disertai catatan singkat tentang isinya.
  • Menyerahkan salinan putusan kepada Jaksa, terdakwa atau kuasanya serta Lembaga Pemasyarakatan apabila terdakwa ditahan.
  • Menyiapkan berkas perkara yang dimohon Banding, Kasasi atau Peninjauan Kembali.
  • Menyiapkan berkas permohonan Grasi.
  • Menyerahkan arsip berkas perkara/permohonan Grasi kepada Panitera Muda Hukum

9.    Panitera Muda Hukum

  • Membantu Hakim dengan mengikuti dan mencatat jalannya sidang pengadilan.
  • Mengumpul, mengolah dan mengkaji data.
  • Menyajikan statistik perkara.
  • Menyusun laporan perkara.
  • Menyimpan arsip berkas perkara

10.    Panitera Pengganti

  • Membantu Hakim dengan mengikuti dan mencatat jalannya sidang pengadilan.
  • Membuat Berita Acara Persidangan.
  • Membantu Hakim dalam melaporkan kepada Panitera Muda bersangkutan berkenaan dengan penundaan hari sidang, perkara yang sudah putus berikut amar putusannya :
    • Membuat penetapan hari sidang;
    • Membuat penetapan terdakwa tetap ditahan, dikeluarkan dari tahanan atau dirubah jenis penahanannya;
    • Mengetik putusan

11.  Juru Sita

  • Juru Sita bertugas melaksanakan melaksanakan semua perintah yang di berikan oleh Ketua Pengadilan Negeri , Ketua Majelis & Panitera.

12.  Sub Bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan

  • Membuat dan menyusun RKAKL dan data pendukung kelengkapan untuk diserahkan ke Pengadilan Tinggi Tanjungkarang.
  • Menyusun rencana pembinaan dan peningkatan SDM
  • Menyusun rencana perancangan implementasi dan pemeliharaan sistem informasiMeningkatkan kualitas data yang lebih akurat dan tepat waktu
  • Meningkatkan layanan kepada pengguna pengadilan
  • Meningkatkan laporan dukungan
  • Membuat adminsitrasi inventaris perangkat IT
  • Proses Penyempurnaan Website PN
  • Menghimpun laporan dari masing-masing bagian kepaniteraan dan kesekretariatan
  • Membuat data evaluasi dan laporan kegiatan layanan informasi

13.  Sub Bagian Kepegawaiaan, Organisasi dan Tata Laksana

  • Melaksanakan sebagian tugas dalam mengelola dan membina adminstrasi kepegawaian di Pengadilan Negeri Tanjungkarang.
  • Menyelenggarakan sumpah Pegawai Negeri Sipil.
  • Mengusulkan pembuatan Kartu Pegawai, Kartu Taspen, Karis/Karsu.
  • Mengusulkan kenaikan pangkat, kenaikan Gaji Berkala.
  • Membuat usulan pengangkatan dalam jabatan berdasarkan pimpinan dan BAPERJAKAT.
  • Membuat daftar urut kepangkatan (DUK).
  • Membuat daftar Bezetting.
  • Mengisi aplikasi komdanas.
  • Pelaksanaan Rapat/Tatap muka

14.  Sub Bagian Umum dan Keuangan

  • Membuat gaji induk, gaji susulan, kekurangan gaji, uang kehormatan Hakim AD HOC PHI dan TIPIKOR, uang makan, uang lembur, gaji ke-13, Remunerasi dan pertanggungjawabannya.
  • Mengajukan UP/TUP dan penggantian UP/TUP ke KPPN sesuai dengan PMK No. 190/PMK.05/2012.
  • Membuat SPP menggunakan aplikasi SPM dan menyimpan back up datanya.
  • Menerima, membukukan, menyetorkan kepada Bank Persepsi, serta melaporkan pembukuan disertai bukti penyetoran PNBP kepada

Sekretaris dan ke Korwil setiap bulan.

  • Menerima,menyimpan, membayar tagihan dan mempertanggung jawabkannya dengan cara menginput dalam aplikasi SILABI.
  • Memungut pajak baik itu PPN, PPH 21, PPH 22, PPH 23, dan melaporkannya ke kantor pajak paling lambat tanggal 14 setiap bulan.
  • Membuat LPJ bendahara penerimaan dan bendahara pengeluaran dan melaporkannya kepada KPPN.
  • Membuat Laporan bulanan menggunakan aplikasi SAPLA dan mengajukan rekonsiliasi ke KPPN setiap bulan paling lambat 7 hari kerja diawal bulan.
  • Membuat laporan realisasi anggaran dan melaporkannya ke KORWIL.
  • Membuat laporan TRIWULAN (PP No. 39 tahun 2006/aplikasi Bapennas) dan membuat laporan semester, tahunan (catatan atas laporan keuangan).
  • Membina dan melaksanakan urusan tata usaha dan kearsipan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Pengelolaan surat masuk/keluar.
  • Pengadaan ATK.
  • Pengelolaan Perpustakaan.
  • Perawatan dan pemeliharaan sarana dan prasarana gedung kantor/rumah dinas.
  • Keamanan kantor.
  • Membuat laporan Simak BM