MAKLUMAT PELAYANAN ::
DENGAN INI, KAMI BERJANJI AKAN MEMBERIKAN PELAYANAN SESUAI DENGAN STANDAR PELAYANAN PERADILAN YANG TELAH DITETAPKAN, DAN APABILA TIDAK MENEPATI JANJI INI, KAMI SIAP MENERIMA SANKSI SESUAI DENGAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG BERLAKU

img_head
PENGADILAN NEGERI BIREUEN MELAKSANAKAN UPACARA PERINGATAN HARI LAHIRNYA PANCASILA KE-72 TAHUN 2017

PENGADILAN NEGERI BIREUEN MELAKSANAKAN UPACARA PERINGATAN HARI LAHIRNYA PANCASILA KE-72 TAHUN 2017

Telah dibaca : 179 Kali

Upacara peringatan hari lahir Pancasila ke-72 digelar di Kantor Pengadilan Negeri Bireuen, Kamis 1 Juni 2017 pagi pukul 08.00 WIB merupakan tindak lanjut dari Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor: 204/SEK/HM.01.2/5/2017 tanggal 26 Mei 2017, perihal Penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2017. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bireuen Bapak MAULANA RIFAI, S.H., M.Hum. dikarenakan Ketua Pengadilan Negeri Bireuen Bapak FAUZI, S.H., M.H. menghadiri undangan Upacara di Gedung Kantor Bupati Bireuen. Upacara dihadiri para Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural dan Fungsional serta Tenaga Honorer Pengadilan Negeri Bireuen.

Bertempat didepan Kantor Pengadilan Negeri Bireuen upacara dilaksanakan dengan Penaikan bendera merah putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, Pembacaan Teks Pancasila, Pembacaan Teks Pembukaan UUD 1945, Pembacaan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila, Pembacaan sambutan Presiden oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bireuen dan ditutup dengan Doa.

Sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila 1 Juni ditetapkan sebagai hari Libur Nasional guna untuk memperingati Kelahiran Pancasila. Penetapan hari lahir Pancasila mengacu pada sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau yang dikenal dengan BPUPKI pada 29 Mei-1 Juni 1945. Tema upacara ini adalah “Saya Indonesia, Saya Pancasila”.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bireuen, membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo antara lain menyampaikan bahwa Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ini, adalah untuk yang pertama kalinya dilaksanakan. Upacara ini juga dimaksudkan untuk meneguhkan komitmen agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai - nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan lr. Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945 dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945 adalah jiwa besar para Founding Fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan. Presiden mengingatkan, bahwa kodrat bangsa lndonesia adalah keberagaman.