MAKLUMAT PELAYANAN ::
DENGAN INI, KAMI BERJANJI AKAN MEMBERIKAN PELAYANAN SESUAI DENGAN STANDAR PELAYANAN PERADILAN YANG TELAH DITETAPKAN, DAN APABILA TIDAK MENEPATI JANJI INI, KAMI SIAP MENERIMA SANKSI SESUAI DENGAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN YANG BERLAKU

img_head
SOSIALISASI DAN IMPLEMENTASI APLIKASI SIPP VERSI 3.2.0

SOSIALISASI DAN IMPLEMENTASI APLIKASI SIPP VERSI 3.2.0

Telah dibaca : 137 Kali

Menindaklanjuti hasil Sosialisasi dan Implementasi Aplikasi SIPP versi 3.2.0 dalam wilayah hukum Pengadilan Tinggi Banda Aceh pada hari Jum’at tanggal 15 Desember 2017 bertempat di Ruang Rapat  Pengadilan Tinggi Banda Aceh Ketua Pengadilan Tinggi menginstruksikan kepada seluruh Pengadilan Negeri dalam wilayah hukum Pengadilan Tinggi Banda Aceh  agar segera menerapkan SIPP versi 3.2.0 sebelum tanggal 1 Januari 2018.

Terkait Sistem Informasi Penerusuran Perkara (SIPP), Ketua Mahkamah Agung Prof.  Dr. M. Hatta Ali, S.H., M.H., mengatakan bahwa semua Pengadilan harus segera mengimplementasikan SIPP versi 3.2.0 ini di pengadilan masing masing. Sehigga “sebelum ayam jantan berkokok tahun 2018”, seluruh pengadilan sudah menerapkan SIPP versi 3.2.0 ini, hal ini disampaikan oleh Ketua Mahkamah Agung dalam acara peluncuran Sistem Informasi Penelusuran Perkara dan penyerahan Sertifikasi Penjaminan Mutu kepada 4 lingkungan peradilan, bertempat di Ball Room Hotel Clarion, Kamis, 29/11/2017.

Pengadilan Negeri Bireuen pada hari Rabu tanggal 20 Desember 2017 bertempat diruang sidang utama melaksanakan Sosialisasi dan Implementasi Aplikasi SIPP versi 3.2.0 yang dipandu oleh Kasubbag Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan Ibu Herna Wahyuni, S.H., serta Admin SIPP Pengadilan Negeri Bireuen.

Ketua Pengadilan Negeri Bireuen, Bapak Fauzi, S.H., M.H., berkomitmen untuk mendukung sepenuhnya aplikasi ini sebagai aplikasi administrasi perkara skala nasional yang langsung dikembangkan oleh Mahkamah Agung RI dengan tujuan meningkatkan kinerja aparatur pengadilan dalam melaksanakan tupoksinya. Komitmen ini diamini oleh seluruh hakim dan pegawai Pengadilan Negeri Bireuen, dengan komitmen yang kuat saling mendukung dan bekerja sama.

Sebelumnya versi SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) yang telah digunakan adalah versi 3.1.5-5, kemudian di update dengan versi SIPP terbaru 3.2.0 yang mana data perkara masing-masing badan peradilan sudah terintegerasi dengan database Mahkamah Agung RI. Hal ini memudahkan banyak pihak, baik dalam hal pengawasan oleh pusat maupun oleh para pihak yang berperkara.

Masyarakat pada umumnya dapat dengan mudah mencari informasi mengenai perkara yang sedang diproses di pengadilan, tentu saja dengan informasi yang dibatasi dengan pertimbangan keamanan dan privasi para pihak. Informasi tersebut juga dengan mudah dapat diakses dari mana saja selama ada koneksi internet.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Mahkamah Agung RI dalam rangka menjembatani keterbukaan informasi publik yang merupakan salah satu komitmen Mahkamah Agung RI.